Article, News

Penyebab dan Cara Menghilangkan Bercak Putih di Wajah

Munculnya bercak putih di wajah dapat mengganggu penampilan. Tidak hanya panu, penyebab munculnya bercak atau bintik putih di kulit. Penyebabnya bisa beragam.

 

Berikut ini beberapa penyebab bercak putih di wajah :

1.    Panu

Panu atau Tinea versicolor adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur. Umumnya, panu juga akan membuat area kulit menjadi bersisik atau kering.

 

2.   Vitiligo

Vitiligo adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh kurangnya produksi melanin. Kurangnya pigmen tersebut bisa memicu timbulnya bercak-bercak berwarna putih di berbagai area kulit, termasuk wajah.

 

Vitiligo dapat terjadi pada semua area kulit lhoo MVriends, meski umumnya akan terbentuk pada bagian wajah, leher, tangan, dan lipatan-lipatan kulit. Bercak-bercak putih yang muncul tersebut lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari.

 

3.   Milia

Milia adalah salah satu penyebab bercak putih di wajah yang paling umum. Kondisi ini terlihat seperti bercak putih yang berukuran kecil dan sedikit menonjol. Milia umumnya muncul di area sekitar mata, pipi, dan hidung. Meski dapat diderita oleh pria dan wanita di segala usia, milia paling banyak dialami oleh bayi. Sehingga, kondisi ini juga sering disebut sebagai milk spots atau bercak susu.

 

Pada orang dewasa, pemakaian krim yang tidak cocok dengan jenis kulit wajah dapat memicu timbulnya milia. Selain itu, kondisi ini juga dapat timbul sebagai akibat dari paparan sinar matahari berlebih.

 

4.   Eksim

Salah satu jenis eksim yang disebut sebagai pityriasis alba, dapat menyebabkan timbulnya bercak putih di wajah. Pada orang dengan kondisi ini, kulit wajahnya akan terlihat kering, dan bersisik, serta terlihat berwarna lebih putih dari area kulit di sekitarnya.

 

Hingga saat ini, penyebab pityriasis alba belum diketahui secara pasti. Namun, pada kebanyakan kasus, masalah kulit ini terlihat berkaitan dengan suatu kondisi yang dinamakan dermatitis atopik.

 

5.   Bercak putih akibat paparan sinar matahari

Bercak putih di wajah yang muncul akibat paparan sinar matahari jangka panjang, disebut sebagai idiopathic guttate hypomelanosis dalam dunia medis. Jumlah serta ukuran yang muncul dapat beragam.

 

Umumnya, kondisi ini akan terlihat hampir serupa dengan panu. Bercak yang muncul akan berwarna putih, berbentuk bulat, rata, dan memiliki diameter sekitar 2 hingga 5 milimeter.

 

 

 

Pada umumnya kondisi bercak putih di wajah tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya yaa MVriends. Meski begitu, berikut beberapa cara yang bisa membantu menghilangkan atau memudarkannya:

 

1.    Mengganti produk skincare yang digunakan

Bercak putih akibat milia bisa terjadi akibat reaksi alergi terhadap produk kecantikan.  Untuk menghilangkannya, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti produk kecantikan yang dipakai.

 

2.   Menggunakan sunscreen

Tabir surya atau sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dari matahari, termasuk mencegah sekaligus mengobati bercak putih di wajah.

 

3.   Menggunakan pelembab

Menggunakan pelembap secara teratur bisa menjadi cara menghilangkan bercak putih di wajah akibat pityriasis alba.

 

4.   Treatment di klinik kecantikan

Melakukan treatment di kecantikan seperti mikrodermabrasi (teknik pengelupasan kulit, untuk mengangkat kulit terluar pada wajah) bisa membantu memudarkan bercak putih di wajah dan membuat tampilan kulit lebih baik.

 

Selain itu, prosedur medis juga mungkin diperlukan untuk menghentikan atau memperlambat perkembangan bercak putih di kulit, seperti pada kondisi vitiligo.

 

Yuk MVriends, konsultasikan dan atasi permasalahan kulit kamu! Booking konsultasi di website https://marvee.id/ atau langsung chat Marvee Contact Center https://api.whatsapp.com/send?phone=62811197129

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *