Article, News

Kupas Tuntas Penyebab dan Cara Menghilangkan Keloid

Keloid adalah bekas luka yang tumbuh melebar dan menonjol dari permukaan kulit. Bekas luka ini dapat tumbuh di bagian tubuh mana saja yaa MVriends, tetapi paling sering terbentuk di bagian dada, bahu, daun telinga, dan pipi.

 

Penyebab Keloid


Normalnya, saat mengalami cedera, jaringan parut atau fibrosa akan terbentuk di atas kulit yang terluka untuk melindungi dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Namun, pada luka keloid, jaringan tersebut justru terus tumbuh hingga menebal dan berukuran lebih besar daripada luka itu sendiri. Berbagai bekas luka dapat menyebabkan tumbuhnya keloid, seperti: Luka bakar, Luka bekas tindik, Luka bekas operasi, termasuk operasi Caesar, atau operasi lainnya, Luka tergores, Luka bekas cacar air.

 

Cara Menghilangkan Keloid


Meski tidak berbahaya, apabila MVriends merasa tidak nyaman dengan keberadaan keloid ini, ada beberapa cara untuk menghilangkan keloid:

  1. Suntikan Kortikosteroid

Suntikan kortikosteroid tergolong aman untuk menghilangkan keloid. Suntikan ini akan diberikan secara rutin di area keloid, setidaknya 1–2 kali setiap bulannya hingga bagian keloid terlihat mengempis. 

Namun, suntikan kortikosteroid bisa membuat bagian keloid yang mengempis berwarna kemerahan. Selain itu, bekasnya juga masih akan terlihat, meski telah mencapai hasil terbaik


  1. Terapi Radiasi

Cara menghilangkan keloid dengan radiasi hanya dilakukan pada kasus yang ekstrem yaa MVriends. Hal ini dikarenakan orang yang menjalani terapi radiasi untuk menghilangkan keloid berisiko mengalami beberapa komplikasi kulit, seperti eritema.

 

Yuk MVriends, konsultasikan dan atasi permasalahan kulit kamu! Booking konsultasi di website https://marvee.id/ atau langsung chat Marvee Contact Center https://api.whatsapp.com/send?phone=62811197129

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *