Article, News

Definisi dan Penyebab: Kulit Berminyak!

Apa itu Kulit Berminyak?

Kulit berminyak merupakan kondisi ketika kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum adalah minyak alami yang berfungsi melapisi kulit dan rambut. Produksi sebum berlebih membuat kulit terlihat mengkilap dan berkilau.

 

Sebum sebenarnya membantu merawat kulit tetap lembap. Akan tetapi, minyak yang terlalu banyak justru dapat memicu masalah baru, terutama jerawat. Ini disebabkan karena kotoran lebih mudah menempel pada kulit hingga akhirnya menyumbat pori.

 

Masalah minyak berlebih terutama sering terlihat pada wajah. Namun, bagian tubuh yang lain sebetulnya juga tidak lepas dari masalah ini. Punggung dan kulit kepala adalah beberapa contoh bagian tubuh yang paling berminyak.


Ciri – Ciri Kulit Berminyak

  1. Kulit wajah terlihat lengket, mengkilap dan berkilau
  2. Pori-Pori terlihat besar dan jelas pada kulit wajah
  3. Wajah mudah berjerawat
  4. Terdapat banyak komedo

Penyebab Kulit Berminyak

Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab kulit berminyak. Berikut adalah beberapa faktor yang kerap menjadi penyebabnya:

  1. Faktor genetik
  2. Usia
  3. Perubahan cuaca
  4. Memiliki pori-pori yang besar
  5. Tidak cocok dengan produk perawatan kulit yang digunakan
  6. Berlebihan merawat kulit
  7. Tidak menggunakan moisturizer
  8. Ketidakseimbangan hormon
  9. Terlalu banyak mengkonsumi gula

Cara Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak tidak selalu bisa dicegah, terutama jika penyebabnya genetik atau hormon. Meski begitu, produksi minyak berlebih bisa dikurangi dengan cara jangan terlalu sering mencuci muka, menghindari pelembab yang bertekstur berat, menggunakan make up yang ringan dan rutin memakai masker wajah.


Kulit berminyak adalah masalah yang sangat umum. Faktor penyebabnya pun amat beragam sehingga solusinya juga perlu disesuaikan dengan kondisi setiap orang.


Di Marvee Clinic by Kimia Farma terdapat beberapa perawatan untuk mengatasi kulit berminyak lhoo MVriends. Ada Oxy-Snow Purifying Facial for Acne/ Oily Skin yang bermanfaat untuk mengatasi komedo, jerawat aktif dan mengurangi minyak berlebih di kulit wajah. Dan Luxury Luminous Laser yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori, meremajakan kulit, merangsang produksi kolagen serta mengurangi pigmentasi kulit. Biasanya perawatan ini dikombinasikan dengan Instant Glass Glow Skin (Full face) yang mampu mencerahkan kulit wajah.


Yuk MVriends, Atasi permasalahan kulitmu! Booking treatment bisa melalui website https://marvee.id/ atau langsung chat Marvee Contact Center https://api.whatsapp.com/send?phone=62811197129


Article Approve and Revised by:

dr. Rahmani Nadya Dewi Himawan

(Dokter Estetika Marvee Clinic Matraman, Jakarta Timur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *