Article, News

Apakah Perbedaan Melasma dan Flek Hitam? dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apakah MVriends masih bingung dengan perbedaan melasma dan flek hitam? Keduanya memang merupakan kondisi kulit yang terlihat lebih gelap dari sekitarnya. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang yang sering salah mengenali di antara keduanya.

Tetapi melasma dan flek hitam merupakan istilah yang digunakan untuk kondisi kulit berbeda.

 

Melasma

 

Melasma adalah gangguan pigmentasi yang ditandai dengan bercak coklat atau biru keabu-abuan pada kulit. Biasanya bercak ini muncul di area wajah. Melasma terjadi karena sel penghasil warna di kulit (melanosit) menghasilkan pigmen dalam jumlah berlebihan. Penyebab melasma sendiri belum bisa dipastikan, namun ada beberapa pemicu yang dianggap bisa menyebabkan melasma, seperti: perubahan hormon, paparan sinar matahari, produk perawatan kulit tertentu dan faktor genetik.

 

Beberapa Gejala dari Kondisi Melasma:

  • Munculnya bercak kulit yang berwarna berbeda dari sekitarnya
  • Dapat terlihat seperti kulit belang atau bintik-bintik
  • Seringkali dialami wanita hamil
  • Warna melasma dapat berubah menjadi lebih terang atau lebih gelap
  • Dapat memburuk di musim panas dan membaik di musim dingin atau sejuk
 

Flek Hitam

melasma2

Flek hitam sering juga disebut sebagai hiperpigmentasi, dan digunakan untuk menyebut berbagai kondisi penggelapan kulit secara umum, termasuk melasma.

Berbeda dari melasma, penyebab terjadinya hiperpigmentasi jauh lebih luas. Selain karena paparan sinar matahari dan perubahan hormon, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh peradangan jerawat, cacar, bekas operasi atau cedera kulit lainnya hingga efek samping obat dan penyakit seperti Addison’s disease.

 

Gejala utama dari hiperpigmentasi adalah berkembangnya area gelap pada kulit. Ukuran dan jenis bercak dapat bervariasi serta dapat berkembang di bagian tubuh mana saja.

 

Cara Mengatasi Melasma dan Flek Hitam


Jika dibandingkan dengan kondisi hiperpigmentasi lain seperti lentigo, freckles, atau bekas jerawat, melasma biasanya terlihat lebih besar. Melasma juga termasuk kondisi yang sulit ditangani.

Untuk mengatasi melasma, perlu dipastikan dulu penyebab awalnya, Oleh karena itu MVriends disarankan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yaa.  Kondisi melasma dapat berbeda pada setiap orang. Beberapa dapat berangsur-angsur sembuh dengan sendirinya, namun Sebagian lainnya perlu bantuan medis.


Beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi melasma maupun hiperpigmentasi:

  • Skincare Pencerah Kulit

Di Marvee Clinic by Kimia Farma tersedia Skincare Pencerah Kulit yaitu Glowmour Series yaa MVriends.

Glowmour Series dari Marvee Skincare by Kimia Farma ini dapat membantu mengurangi proses hiperpigmentasi sehingga warna kulit bisa    kembali terlihat rata.

melasma 3

Gambar Marvee Skincare Glowmour Series

Gambar Before After pemakaian Glowmour Series

  • Tindakan Medis

Jika skincare tidak memberikan hasil yang maksimal untuk mengatasi melasma dan hiperpigmentasi lainnya, MVriends bisa datang ke Marvee Clinic by Kimia Farma terdekat untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

 

Ada beberapa prosedur medis yang biasa dilakukan dokter untuk mengatasi kondisi hiperpigmentasi, seperti:

  • Chemical Peeling
  • Mikrodermabrasi
  • Laser
  • Meso Melasma
 

Yuk MVriends, konsultasikan dan atasi permasalahan kulit kamu! Booking konsultasi di website https://marvee.id/ atau langsung chat Marvee Contact Center https://api.whatsapp.com/send?phone=62811197129

 

Article Approve and Revised by:

dr. Rahmani Nadya Dewi Himawan

(Dokter Estetika Marvee Clinic Matraman, Jakarta Timur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *