Article, News

Apa itu Stretch Mark dan Bagaimana Menyamarkannya

Kita mungkin pernah melihat atau mengalami sendiri dengan kemunculan guratan pada kulit. Ada yang di paha, bokong, perut, payudara, dan juga lengan. Awalnya guratan ini berwarna merah atau keunguan namun lama kelamaan berubah menjadi warna putih. Inilah yang dinamakan Stretch Mark, meski tidak berbahaya namun tidak sedikit orang yang merasa tidak nyaman dengan kemunculnya loh MVriends.

 

Namun sebelum menuju ke cara untuk meminimalisir atau bahkan mencegah stretch mark, kita mesti tahu apa saja hal-hal yang menyebabkan stretch mark.

 

Pada umumnya kemunculan stretch mark terjadi karena pertambahan ukuran tubuh yang lebih cepat daripada perkembangan dan elastisitas kulit. Saat kulit meregang dengan cepat, lapisan tengah kulit (dermis) akan menipis, sehingga lapisan di bawahnya muncul ke permukaan dan menjadi stretch mark. Pemicu pertambahan ukuran tubuh yang cepat biasanya terjadi karena beberapa hal seperti kehamilan, peningkatan berat badan yang cepat, dan faktor genetis.

 

Dengan melihat beberapa hal yang menyebabkan kemunculan stretch mark bisa kita simpulkan bahwa stretch mark tidak selalu dapat dicegah. Namun terdapat beberapa cara untuk meminimalisir kemunculan stretch mark. Dalam kondisi kehamilan memang pertambahan ukuran tubuh dengan cepat tidak bisa dihindari namun menjaga konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang tetap perlu dilakukan agar tetap sehat namun berat badan tidak melonjak drastis. Diluar kasus kehamilan, cukup jaga bobot tubuh kita dalam kondisi stabil. Jika ingin menurunkan berat badan, lakukan juga secara bertahap. Usahakan agar berat badan tidak berkurang lebih dari ½  kilogram per minggu.

 

Selain mencegah, ada juga beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menyamarkan atau meminimalisasi stretch mark, antara lain dengan mengunakan minyak zaitun dan lidah buaya, krim atau kosmetik khusus, menggunakan krim penghilang stretch mark, atau melakukan chemical peeling, terapi laser, dan operasi kecantikan. Di Artikel selanjutnya kita bahas yuk perawatan apa yang bisa dilakukan di Marvee Clinic untuk menyamarkan stretch mark.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *