Article, News

Apa itu Eksfoliasi Kulit Berlebihan? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mungkin sudah pernah mendengar istilah eksfoliasi. Apa itu Eksfoliasi?

Eksfoliasi adalah perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang ada di permukaan kulit. Eksfoliasi pada wajah bermanfaat untuk mencerahkan kulit, mencegah munculnya jerawat, dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Tanda-Tanda Kulit Mengalami Eksfoliasi Berlebihan

Pada dasarnya, ada 2 cara untuk melakukan eksfoliasi wajah, yaitu dengan eksfoliasi kimia dan mekanik. Eksfoliasi kimia dilakukan dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia tertentu, seperti alpha-hydroxy acid (AHA) dan beta-hydroxy acid (BHA). Sementara, eksfoliasi mekanik dilakukan dengan menggosok kulit wajah secara lembut menggunakan alat tertentu, seperti spons atau scrub.

Umumnya, eksfoliasi wajah hanya perlu dilakukan sebanyak 1–2 kali dalam seminggu. Apabila dilakukan terlalu sering, alih-alih membawa manfaat, kulit wajah justru bisa mengalami kerusakan lhoo MVriends.

Berikut adalah beberapa tanda-tanda yang akan muncul pada kulit jika mengalami eksfoliasi berlebihan:

  • Kulit kemerahan
  • Kulit mengelupas
  • Kulit kering dan bersisik
  • Kulit terasa terbakar
  • Muncul bercak merah yang tidak merata
  • Muncul jerawat, terutama jerawat-jerawat kecil atau bruntusan
  • Kulit terasa lebih sensitif terhadap produk perawatan kulit yang biasa digunakan

Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Mengalami Eksfoliasi Berlebihan

Apabila kulit wajahmu menunjukkan tanda-tanda over-eksfoliasi seperti di atas, beberapa cara ini bisa MVriends coba untuk membantu mengatasinya:

  1. Hentikan eksfoliasi

Saat kulit mengalami kerusakan akibat over-eksfoliasi, hal pertama yang perlu dilakukan adalah berhenti melakukan eksfoliasi, baik eksfoliasi kimia maupun mekanik, hingga tanda-tanda over-eksfoliasi mereda dan kulit kembali normal yaa MVriends.

 

  1. Gunakan produk perawatan kulit dasar

Selama kulit wajah masih menunjukkan tanda-tanda over-eksfoliasi, sebisa mungkin gunakan produk perawatan kulit dasar, seperti pembersih wajah, pelembab, dan sunscreen.

 

  1. Kompres dingin

Untuk mengurangi rasa terbakar, kemerahan, dan peradangan pada kulit akibat over-eksfoliasi, MVriends juga bisa menggunakan kompres dingin di wajah yaa.

 

Apabila setelah melakukan cara-cara di atas, kondisi kulit MVriends yang mengalami over-eksfoliasi tidak kunjung membaik, sebaiknya segera konsultasikan hal tersebut dengan dokter.

Yuk MVriends, konsultasikan dan atasi permasalahan kulit kamu! Booking konsultasi di website atau langsung chat Marvee Contact Center Pada Ikon dibawah Ini.

Article by:

Dara Lintang Arum Indahi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *