Article, News

Bebas Kulit Kusam dan Kering Selama Berpuasa

Bulan puasa merupakan waktu yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, rutinitas harian berubah, termasuk dalam hal pola makan dan minum. Meskipun puasa memiliki manfaat spiritual, tidak bisa dipungkiri bahwa perubahan ini juga dapat memengaruhi kondisi kulit wajah. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menjaga kulit wajah tetap cerah dan sehat selama bulan puasa.

Dehidrasi Selama Puasa: Puasa dapat menyebabkan dehidrasi karena kurangnya asupan cairan selama periode tertentu. Dehidrasi adalah musuh utama bagi kulit, karena dapat membuat kulit kering, kusam, dan bahkan menyebabkan iritasi.

Kehilangan Kelembaban Akibat Cuaca: Terutama bagi mereka yang menjalani puasa di musim panas, kelembaban udara yang rendah dapat menyebabkan kehilangan kelembaban dari kulit dengan cepat. Ini dapat menyebabkan kulit terasa kering dan tidak nyaman.

Penurunan Asupan Cairan: Selain tidak dapat minum selama berpuasa, konsumsi air yang cukup saat berbuka puasa juga penting untuk menjaga kelembaban kulit. Kurangnya asupan cairan dapat membuat kulit terlihat kusam dan tidak sehat.

Pengaruh Makanan dan Minuman: Konsumsi makanan dan minuman tertentu selama bulan puasa juga dapat memengaruhi kondisi kulit. Misalnya, mengonsumsi makanan yang tinggi gula atau garam serta gorengan saat berbuka puasa dalam jumlah banyak, dapat menyebabkan peradangan tubuh dan mempengaruhi  kulit menjadi mudah kemerahan, dan iritasi, serta timbul jerawat.

Perawatan Kulit yang Tepat: Selama bulan puasa, penting untuk tetap konsisten dalam merawat kulit wajah baik melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan atau menggunakan skincare untuk tetap menjaga kecerahan juga kelembaban kulit.

MVriends dapat melakukan perawatan kulit di Marvee Clinic by Kimia Farma yang berfokus pada kelembaban dan kecerahan kulit, seperti Oxy-Snow Purifying Facial, Skinbooster Dermal Filler, Instant Glass Glow, Chemical Peeling, Luxury Luminous Laser, MV Ultimate Salmon DNA, dll.

Selain perawatan wajah tidak lupa untuk menggunakan skincare setiap hari untuk menjaga kelembaban kulit wajah sepanjang hari. Gunakan kombinasi skincare dari Marvee Clinic yaitu Marvee Moistensive Series dan Marvee Glowmour Series untuk membantu mencerahkan sekaligus menghidrasi kulit MVriends selama berpuasa dan gunakan Marvee Moist Skin Sun Protection SPF 30 PA+++ untuk menjaga kulit terlindungi dari paparan sinar matahari langsung serta menghindari produk yang mengandung alkohol dapat membantu menjaga kelembaban kulit.

Menjaga kelembaban kulit wajah selama puasa bukan hanya tentang aspek kosmetik, tetapi juga tentang kesehatan kulit secara keseluruhan. Dengan memperhatikan aspek-aspek ini dan mengambil langkah-langkah yang tepat, MVriends dapat tetap menjaga kulit wajah tetap sehat dan terhidrasi selama bulan puasa.

 

Referensi:

Goyal, A., & Chaudhary, A. (2014). Physiological and clinical aspects of dehydration in skin. Journal of clinical and diagnostic research: JCDR, 8(9), CC01.

Choudhary, S., Goyal, S., & Poonia, A. (2014). Dehydration: evaluation and management in oral healthcare. Journal of the Indian Society of Periodontology, 18(3), 294.

Danby, F. W. (2010). Nutrition and aging skin: sugar and glycation. Clinics in dermatology, 28(4), 409-411.

Lin, T. K., Zhong, L., & Santiago, J. L. (2017). Anti-inflammatory and skin barrier repair effects of topical application of some plant oils. International journal of molecular sciences, 19(1), 70.

Mukhtar, H., & Michniak-Kohn, B. (2011). An interesting study on skin hydration and its barrier function: a proposal for quantitative studies. Skin Research and Technology, 17(4), 429-431.

 

Approved by Dokter Komite Medik Marvee Clinic by Kimia Farma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *