Article, News

Apa sih Penyebab Penuaan Dini?

Proses penuaan umumnya terjadi pada usia di atas 50 tahun. Seiring bertambahnya usia, jaringan kolagen dan elastin tubuh akan melemah. Akibatnya, elastisitas kulit berkurang sehingga tanda-tanda penuaan, seperti keriput atau kerutan muncul. Akan tetapi, proses ini bisa saja terjadi lebih awal yang dikenal dengan istilah penuaan dini.

Munculnya tanda penuaan dini tidak dapat dihindari yaa MVriends. Namun, MVriends bisa memperlambat kemunculannya dengan mengetahui penyebab dan cara mencegah penuaan dini yang tepat.

Penyebab Penuaan Dini

Ada banyak hal yang menjadi penyebab penyakit penuaan dini terjadi, seperti:

  1. Paparan sinar matahari
pd2

Salah satu penyebab penuaan dini pada wajah adalah paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari secara berlebih. Sinar UV inilah yang dapat merusak elastin. Saat jaringan elastin rusak, kulit akan lebih gampang untuk mengendur dan meregang. Akibatnya, kulit menjadi lebih mudah keriput.

  1. Kebiasaan merokok

Bahaya merokok ternyata jadi penyebab penuaan dini yang umum terjadi lhoo MVriends. Alhasil, kulit terasa kering dan kasar, warna kulit memudar, serta muncul keriput tidak dapat terhindarkan.

Cara Mencegah Penuaan Dini

Ada beberapa cara mencegah penuaan dini yang bisa dilakukan agar tampak awet muda, seperti:

  1. Oleskan sunscreen

Cara mencegah penuaan dini yang paling penting adalah dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih, terutama saat melakukan aktivitas di luar rumah yaa MVriends.

2. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan dan peptida

MVriends bisa menggunakan produk perawatan kulit mengandung antioksidan dan peptida, seperti vitamin A, C, dan E, teh hijau, dan ekstrak biji anggur sebagai cara mencegah penuaan dini pada wajah.

3. Makan makanan sehat dan bergizi

Cara mencegah penuaan dini secara alami dari dalam tubuh adalah dengan makan makanan yang sehat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

4. Hindari minum alkohol

Alkohol bisa berdampak buruk pada kulit karena mampu menyebabkan kulit dehidrasi dan rusak. Maka dari itu, MVriends perlu menghindari konsumsi alkohol sebagai cara mencegah penuaan dini secara alami.

5. Minum air putih

Kurangnya asupan cairan tubuh dapat menyebabkan kondisi dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, kulit akan terasa kering, kasar, bahkan bersisik saat digaruk. Alhasil, tanda penuaan dini bisa semakin jelas terlihat.

6. Rutin Berolahraga

Melakukan olahraga secara rutin juga bisa jadi cara mencegah penuaan dini. Berolahraga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat sistem imun tubuh. Dengan demikian, tampilan kulit bisa terlihat lebih awet muda lhoo MVriends.

7. Lakukan perawatan kulit ke dokter

Cara mencegah penuaan dini pada wajah mungkin memerlukan berbagai prosedur perawatan kulit. Misalnya, peeling wajah, mikrodermabrasi, atau perawatan laser untuk membuat wajah tampak lebih cerah serta tampak kenyal dan awet muda.

Yuk MVriends, Atasi permasalahan kulitmu! Booking treatment bisa melalui website https://marvee.id/ atau langsung chat Marvee Contact Center .

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *