Article, News

Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Masih seputar sinar matahari yang akan kita bahas di artikel ini yaa MVriends. Kalau di artikel sebelumnya kita bahas dampak buruk tidak memakai sunscreen, nah kali ini kita bahas apa sih perbedaan sunscreen dan sunblock. Pastinya MVriends tidak asing dengan sunscreen dan sunblock.

Sinar matahari sering menjadi musuh bagi kulit kita dalam kegiatan sehari-hari karena paparan radiasinya seperti UVA dan UVB. UVA (Ultra Violet Aging) dapat menyebabkan skin aging dengan tanda-tanda seperti munculnya keriput, penuaan, sedangkan UVB (Ultra Violet Burning) dapat menyebabkan skin burning atau kulit terbakar. Lebih jauh lagi, baik UVA maupun UVB sama-sama berpotensi menyebabkan kanker kulit. Oleh karena tu kita pun berupaya menghindari dampak buruk yang diakibatkan dari sinar UVA dan UVB.

Produk yang sering kita gunakan untuk melindungi kulit kita dari UVA dan UVB diantaranya adalah sunscreen dan sunblock. Meski terdengar sama keduanya memiliki beberapa perbedaan yang membuat kita sebaiknya memilih dengan bijak produk mana yang kita butuhkan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Pada saat ini terdapat banyak produk sunscreen dan sunblock yang memiliki perlindungan dari UVA dan UVB sehingga kita harus jeli dalam melihat informasi produkyang akan kita beli.

Berikut adalah bebepa perbedaan sunscreen dan sunblock.

  1. Biasanya sunscreen memiliki kandungan avobenzone, oxybenxone, dan para-amnobenzoic acid atau PABA sedangkan sunblock memiliki titanium dioxide.
  2. Sunscreen ataupun sunblock harus dioleskan ulang setiap 1-2 jam agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sunscreen harus dioleskan 10-20 menit sebelum keluar dari ruangan. Sunblock bisa langsung bekerja sesaat setelah dioleskan pada kulit.
  3. Sunscreen bekerja memfilter dan menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Sunblock mampu mencegah sinar UVA dan UVB masuk ke dalam kulit dengan melakukan perlindungan di atas permukaan kulit.
  4. Sunscreen yang formulanya lebih ringan dan tidak meninggalkan warna (transparan) di kulit. Sunblock memiliki tekstur yang kental dan biasanya meninggalkan warna putih (white cast) ketika dioleskan di kulit.

Untuk lebih mudahnya, dalam penggunaan sehari-hari gunakan sunscreen. Sunblock bisa digunakan untuk aktivitas berjam-jam di bawah paparan sinar matahari, seperti saat berolahraga di luar ruangan atau saat bermain di pantai.

Sunscreen dari Marvee Skincare juga ada loh namanya Moist Skin Protection Spf 30. Sunscreen dari Marvee Skincare tidak hanya melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB loh MVriends, tetapi juga melindungi kulit dari paparan sinar yang dipancarkan oleh gadget yang kita pakai sehari-hari atau disebut Blue Light. Seperti namanya Moist Skin Sun Protection, Marvee Sunscreen ini juga membantu menjaga kelembaban kulit MVriends. Jadi selain memproteksi dari paparan sinar matahari ataupun gadget, Marvee Sunscreen juga membantu merawat skin barrier MVriends.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *